Recent Articles

Caranya Menangani 'Loose of Adab'


JAKARTA -- Islamic Book Fair (IBF) 2013 masih terus berlangsung hingga hari ini, Ahad (3/3). Beragam acara digelar, salah satunya seperti Bedah Buku 'Pendidikan Islam Berkarakter dan Beradab' oleh Adian Husaini.

Dalam bedah buku, Adian menjelaskan mengenai Loose of Adab yaitu hal yang menjauhkan manusia dari akhlak, ukhrawi yang baik. Hal inilah yang menyebabkan kekacauan ilmu, bukan karena kebodohan. Olehnya, kita harus mulai memperbaiki konsep ilmu.

''Perbaiki ilmu, harus dimulai dengan perbaikan konsep ilmu'', ujarnya, Ahad (3/3).

Menurut Adian, adab bukanlah sopan santun namun mirip dengan adil yaitu menempatkan sesuatu sesuai dengan harkat dan martabatnya.

Ada beberapa adab yang penting yang perlu dipahami. Pertama yaitu adab kepada Allah, termasuk menjauhkan sikap syirik, yaitu menyekutukan Allah dengan yang lain. Sikap syirik bukanlah sikap yang beradab. Kemudian ada Adab kepada Nabi lalu Adab kepada Ulama.

Adian juga mengatakan betapa adab lebih penting daripada ilmu. Untuk itu kita perlu mengambil ilmu, meneladani adab serta mencontoh akhlak yang baik.

Salah satu pengunjung Bedah Buku, Rani (21 tahun) mengatakan banyak mendapat manfaat dari persoalan yang disampaikan pemateri.

''Iya, tadi cuma mau ikut aja, tapi pas dengar ternyata banyak manfaatnya'', ujar mahasiswi salah satu universitas di Jakarta ini.

Islamic Book Fair ini dilangsungkan dari 1 hingga 10 Maret 2013 di Istora Senayan. Puluhan penerbit menawarkan diskon hingga 80 persen dari ratusan judul buku, Qur'an serta buku-buku tafsir dan beragam produk muslimah. (republika.co.id)

Posting Lebih Baru Posting Lama
digitalhuda.com